Tips Outbound Menyenangkan dan Aman

Outbound merupakan kegiatan outdoor yang biasa dilakukan oleh perusahaan atau sekolah untuk mempererat hubungan antar anggota di setiap kelompok. Kegiatan outbound ini biasanya akan diisi dengan banyak kegiatan fisik yang dilakukan di alam terbuka. Bukan hanya kegiatan fisik yang menyehatkan untuk tubuh, namun juga melatih kekompakan, kerja sama, komunikasi yang efektif, kepemimpinan dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu saja sangat berguna bagi para siswa dan karyawan yang memang membutuhkan waktu bersama di luar ruangan. Bukan hanya sekolah dan perusahaan, berbagai kelompok perkumpulan juga biasanya melakukan outbound selain untuk bersenang-senang, juga untuk mempererat hubungan antar sesama anggota dan kita juga bisa menikmati destinasi jogja kekinian.

Beberapa Jenis Permainan Outbound Yang Sering Dimainkan

Setelah melalui masa sekolah, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan kegiatan outbound karena setiap sekolah biasanya akan mengadakan outbound sebagai liburan bersama. Kegiatan yang mengasyikkan bersama dengan rekan-rekan sekaligus menyatu dengan alam tentu akan memberikan energy positif untuk kita semua. Ada banyak kegiatan dan permainan yang bisa dilakukan ketika melakukan outbound. Entah itu permainan individu atau kelompok, outbound selalu menyenangkan untuk dilakukan. Berikut ini beberapa jenis permainan yang sering dimainkan saat melakukan outbound.

  1. Arung jeram

Arung jeram merupakan salah satu kegiatan yang sepertinya akan selalu ada di acara outbound untuk orang dewasa. Tentu saja anak-anak belum bisa melakukannya karena terlalu berbahaya untuk mereka. Arung jeram merupakan kegiatan mengarungi aliran sungai yang biasanya memiliki aliran yang deras dan terdapat banyak batu besar di sepanjang aliran sungai tersebut. Pengunjung akan diajak mengarungi aliran sungai yang deras dengan menggunakan ban karet yang tahan gesekan benda keras. Permainan ini akan melatih kekompakan tim dalam satu ban karet yang dinaiki. Kekompakan tim dalam mengayuh akan menentukan keberhasilan pemain dalam mengarungi sungai. Jika tidak kompak, bisa jadi mereka malah akan terbalik dan tenggelam di sungai.

  1. Flying fox

Meluncur dari ketinggian beberapa belas meter menggunakan kawat baja menuju ke bawah tentu akan menjadi pengalaman menegangkan sekaligus menyenangkan. Permainan yang satu ini bisa disesuaikan untuk anak-anak atau orang dewasa. Permainan ini akan menggunakan perlengkapan keselamatan yang tentunya akan membantu peserta meluncur. Permainan ini akan melatih ketangkasan dan keberanian pemain karena meskipun sudah menggunakan pengaman namun tetap saja permainan ini akan tetap dilakukan dari ketinggian. Oleh karena itu, butuh keberanian besar untuk melakukannya, terlebih bagi anak-anak.

  1. Mengisi tabung berlubang

Mengisi tabung berlubang juga menjadi salah satu permainan yang paling sering dimainkan saat mengadakan outbound. Permainan yang harus dimainkan dengan group ini sangat membutuhkan kerja sama yang baik. Panitia outbound akan menyediakan tabung kosong yang sudah dilubangi di berbagai sisi. Setiap kelompok yang terdiri dari beberapa orang kemudian berbaris. Orang paling belakang akan mengambil air menggunakan gelas plastic yang juga sudah dilubangi. Ada beberapa anggota yang akan bertugas menutup lubang pada tabung berlubang sehingga air tidak tumpah saat diisi.

Beberapa Tips Outbound Nyaman dan Menyenangkan

Sebenarnya ada banyak sekali permainan yang bisa dimainkan saat melakukan outbound. Ada banyak kegiatan yang bisa mengasah ketangkasan, kecepatan, kerja sama, dan keberanian kita. Kebanyakan permainan yang mengasah keberanian memerlukan alat pengaman yang benar-benar aman agar tidak membahayakan peserta. Pemilihan tempat outbound yang tepat juga akan menentukan keamanan dan keasyikan peserta saat bermain. Untuk mendapatkan outbound yang menyenangkan dan aman, inilah beberapa tips yang bisa diikuti.

  1. Lokasi Outbound

Seperti yang dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa pemilihan tempat outbound menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Memastikan lokasi yang akan digunakan untuk outbound berarti juga akan menentukan kelancaran kegiatan outbound dari awal hingga akhir kegiatan. Terlebih jika outbound tersebut diperuntukkan untuk anak-anak yang tentu saja membutuhkan pengawasan ekstra. Sebaiknya memilih lokasi outbound yang mudah dijangkau kendaraan dan tidak terlalu jauh sehingga memudahkan peserta outbound. Selain itu, situasi di lokasi outbound juga akan menentukan kelancaran kegiatan yang akan berlangsung. Memilih lokasi yang nyaman seperti pegunungan, hutan kota, atau pantai merupakan beberapa tempat yang rekomended untuk melakukan outbound.

  1. Fasilitas Outbound

Selain lokasi outbound yang perlu diperhatikan, fasilitas yang disediakan oleh outbound yang kita pilih. Fasilitas yang telah tersedia haruslah memenuhi persyaratan dan keamanan agar kegiatan outbound dapat dilaksanakan dengan lancar. Dalam hal ini, kita harus sangat berhati-hati dalam memilih fasilitas outbound karena banyak tempat outbound yang menawarkan harga murah namun tidak menyediakan fasilitas yang lengkap. Selain fasilitas yang diperlukan untuk outbound, fasilitas lainnya seperti makan siang juga perlu dipertimbangkan dengan baik agar panitia tidak repot menyiapkan lagi.

  1. Memperhatikan musim

Mempersiapkan rencana outbound biasanya akan direncanakan sejak dari jauh-jauh hari agar outbound dapat dijalankan dengan lancar. Selain memperhatikan lokasi dan fasilitas outbound, pertimbangan musim juga perlu dipikirkan dengan baik. Outbound adalah kegiatan yang dilakukan di luar ruangan karena semua kegiatan akan melibatkan kegiatan fisik. Akan tidak sangat efektif jika sedang musim hujan dan kita harus melakukan kegiatan dan luar ruangan. Sebaliknya, musim kemarau merupakan saat yang tempat untuk melakukan kegiatan outbound.

  1. Menyiapkan daftar kegiatan yang akan dilakukan

Menyiapkan daftar kegiatan yang akan dilakukan merupakan tugas panitia yang harus disusun dan dipertimbangkan dengan baik sebelum kegiatan outbound dilakukan. Mempertimbangkan kegiatan yang sesuai dengan peserta outbound sangat penting, contohnya saja ketika peserta adalah anak-anak maka permainan yang disiapkan harus yang sesuai dengan kemampuan mereka. Bahkan jika peserta orang dewasa, juga harus tetap dipertimbangkan dengan fasilitas yang disediakan.

  1. Menyiapkan obat-obatan

Segala persiapan outbound harus dilakukan dengan baik, termasuk menyiapkan obat-obatan yang mungkin saja akan dibutuhkan selama kegiatan outbound berlangsung. Obat-obatan untuk masalah kesehatan ringan seperti antimo, aroma terapi, obat demam, minyak kayu putih, dan obat simple lainnya perlu dipersiapkan. Sebelum kegiatan outbound berlangsung, akan lebih baik juga bila peserta diberi tahu untuk membawa obat-obatan pribadi mereka. Dengan demikian jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dapat teratasi dengan baik.